Thursday, September 30, 2010

Let’s Tour to Cianjur! [intro]

CIANJUR. Kota yang terkenal sebagai kota santri, kota beras, ataupun kota tauco ini sebenarnya menyimpan segudang potensi pariwisata yang layak diperhitungkan. 

 
Mungkin sebagian orang sudah pernah mengunjungi beberapa destinasi wisata di Cianjur seperti di atas. Terutama biasanya orang Jakarta yang ingin pergi ke Bandung melalui jalur puncak. Namun semenjak dibuatnya jalur tol Cipularang, jalur puncak atau kawasan Cianjur Utara ini memang terlihat lebih sepi. Ditambah daerah competitor lain yang dekat dengan Cianjur namun  memiliki promosi pariwisata yang lebih baik, contohnya Sukabumi.  Akan tetapi justru potensi kekayaan pariwisata di Cianjur inilah yang unik dan berbeda dengan daerah lain seperti Taman Bunga Nusantara, Istana Kepresidenan Cipanas, dan situs Megalitikum terbesar di Asia Tenggara. Pariwisata Cianjur bagaikan mutiara yang tertutup debu. Dan saya sebagai insan pariwisata ingin mengangkat mutiara tersebut kembali bersinar dan berkilau menyinari dunia.
Ya. Inilah tugas saya sebagai mahasiswa manajemen pemasaran pariwisata (yang sebentar lagi lulus *amin……*)untuk mengangkat dan lebih mempopulerkan potensi pariwisata Cianjur. Saya mempunyai beberapa ide yang mungkin jika dijalankan insyaallah bisa menjadikan pariwisata cianjur semakin terdepan! hehe….. ini adalah beberapa usul , bisa lebih dikatakan ‘impian’ dari saya :
  • Perbaiki aksesbilitas dulu!!! Memang beberapa akses menuju destinasi wisata kurang memadai. Banyaknya jalan rusak, dan sempit menjadikan jalan tsb rawan kecelakaan. (Seharusnya Pemda lebih peka thdp hal ini)
  • Mengadakan kerjasama dengan beberapa Tour & Travel agent, Biro perjalanan untuk memasukkan beberapa destinasi wisata Cianjur ke dalam paket turnya. (walaupun ada beberapa yang sudah menjalankannya, namun dirasa masih belum optimal)
  • Memperbanyak situs web, blog, account social network yang khusus untuk menggali potensi wisata, menunjukan kelebihan dan keunikan pariwisata Cianjur. (memang web n blog sudah banyak dibuat oleh warga Cianjur….yup itu merupakan awal positif dari kesadaran warga. Ayoo makin banyak yang buat, makin banyak yang share…..semakin banyak pula yang tertarik. Amin….. *termasuk saya yang sdang berusaha menulis dan menulis ttg pariwisata Cianjur hehehe)
  • Mengadakan FAMILIARIZATION TRIP / FAM TRIP bagi para blogger di seluruh Indonesia. Blogger diundang untuk berwisata di destinasi2 unggulan Cianjur. Dan pastikan jika para Blogger tsb benar2 “enjoy” berwisata di Cianjur. Naah…setelah itu, dipersilahkan para blogger untuk menuliskan pengalamannya di blog masing-masing. (dan pastinya akan mengundang interest dan awareness para pembaca blog untuk berwisata di Cianjur)
  • Mengadakan event kesenian khas Cianjur. Cianjur kaya akan seni budayanya. Terkenal dengan seni Ngaos, Mamaos, dan Maenpo.  Ngaos ialah seni dan teknik mengaji ala khas kota santri. (konon tradisi ini dirintis sejak tahun 1677 dimana Cianjur dibangun oleh para kiayi, ulama, dan santri).   Mamaos ialah Tembang Sunda Cianjuran, terdiri dari alat musik kecapi dan suling untuk mengiringi sang juru / penembang lagu. Sedangkan Maenpo ialah seni bela diri Pencak Silat dengan gerakan Cianjur punya. Kesenian2 ini tidak boleh punah, harus dilestarikan sehingga dapat mengundang daya tarik wisatawan terutama wisatawan asing. Dewan Kesenian Cianjur (DKC) sebaiknya mendirikan “Pojok Seni Cianjur” yang berfungsi untuk menampilkan kesenian-kesenian dan itu bersifat rutin (misalnya tiap bulan) yang bertempat tidak jauh dengan destinasi wisata yang memang Pojok Seni ini ditujukan untuk menarik minat wisatawan. *Ide yang cukup realistis, bukan?*
Mamaos
 
Ngaos
 
Maenpo

  • Memanfaatkan acara-acara TV yang bersifat feature. Maraknya acara TV yang bertema jalan-jalan, wisata, jelajah, atau apalah itu ialah jurus yang paling jitu. TV ialah cara promosi ‘konvensional’ yang akurat. Semua orang mendapat info dari Televisi!
Terakhir, sesuai yang bapak Menteri Kebudayaan dan Pariwisata kita tercinta katakan, yaitu Bpk. Jero Wacik bahwa “Kenali Negrimu, Cintai Negrimu”. Silahkan bertukar cerita, informasi, dan foto berlibur ke sesama teman. Ceritakan kegiatan pariwisata di dalam negeri, maka kita akan bangga terhadap kekayaan pariwisata Indonesia! Itulah pesan dari Bapak Menteri, jadi ayo kita tingkatkan berwisata di dalam negri! terutama di Cianjur yang subur dan makmur ini…. Hehe….^.^

5 comments:

  1. Bagus kok Dien...
    Gaya bahasanya "nge-pop".
    Idenya juga bagus untuk memperkenalkan kepariwisataan di Cianjur....

    Teruslah menulis ya... :)

    Salam,
    Ririen

    ReplyDelete
  2. Pokoknya, salut buat Diena deh....

    Selamat dan tetaplah menulis ^_^

    Salam,
    Ririen

    ReplyDelete
  3. Makasiiih banyak yaa bu.....

    insyaallah saya bakal trus menulis..
    terutama ttg pariwisata.. hehehe
    makasiih bu..

    ^.^

    ReplyDelete
  4. majukan cianjur bu :-)
    ntar klo udah lulus kembali ke sanah yah, jangan menuhin Kota Bandunggggg :-)

    ReplyDelete
  5. amin... moga cianjur bsa lebih maju..

    jiaah bandung msih butuh bantuan saya..
    bahkan Korea pun menanti saya
    hehehe ^.^

    ReplyDelete