Tuesday, December 4, 2012

Pengalaman interview PT.MItra Utama Global (MUG) katanya penipuan


Asslamualaikum wr wb.
Setelah sekian lama saya gak posting di blog ini… saya geregetan sekali ingin menceritakan pengalaman saya kepada siapapun yang sedang mencari lowongan kerja untuk tidaktermakan rayuan lowongan dari PT.Mitra Utama Global (MUG) dan lebih berhati-hati dalam mencari kerja. Karena perusahaan tersebut lebih kepada penipuan berkedok lowongan kerja untuk terus merekrut orang-orang dan mengharuskan kita membayar sejumlah uang. Untungnya saya  tidak terlalu jauh masuk dalam penipuan ini. Simak saja kisah saya berikut :
============= Awal Mula =============

Awalnya saya lihat iklan di tokobagus.com dengan judul : “MEMBUTUHKAN KARYAWAN/TI  UNTUK KANTOR CABANG BARU”

Kemudian  isi dari lowongan itu seperti berikut :

 

"INTERVIEW LANGSUNG KEPUTUSAN KERJA"
Perusahaan Nasional Trading dan Travel, Ticketing Umroh dan Haji sedang mempersiapkan Kantor Cabang Baru Diwilayah Bandung dan Jabodetabek.
- Posisi:
1. Staff Administrasi Perkantoran
2. Staff Logistik
3. Staff Keuangan
4. Supervisor
5. Receptionist
6. Trainer
7. Koordinator
- Persyaratan:
1. Usia Min.17-45 tahun
2. Pendidikan Min.SMA/K Sederajat
3. Pengalaman Tidak Diutamakan (Mendesak)
-Fasilitas:
1. Jenjang Karir
2. Status tetap
3. Ada Bimbingan Kerja
4. Penempatan Sesuai Domisili
5. Non Kontrak
6. Full/Part Time
PELAMAR KIRIM DATA DIRI : NAMA# ALAMAT# USIA# PENDIDIKAN TERAKHIR SMS/CALL : 085720310343
Email : hrdratu1@gmail.com
Perioritas utama bagi 100 pelamar pertama

  

Oke.. siapa yang tidak tergiur kan? Terutama saya tertarik dengan bidang perusahaan yang dia sebutkan ialah travel, ticketing dan umroh…

Kemudian saya kirim email lamaran kerja. Besoknya saya mendapat sms yang isinya seperti ini :

 

“PT. GLOBAL RAJAWALI GENERAL TRADMARK”

Undangan Interview : Panggilan kerja & Langsung penempatan Kerja

Hari : Senin, 3 Desember 2012

Jl. Raya Rajawali Barat no.77A

Pukul 08.00 – 17.00

Perusahaan yang berkembang & memiliki 30 kantor cabang yang telah tersebar di seluruh pulau jawa & jabodetabek.

Bergerak  dalam bidang Barang & Jasa yang meliputi:

=Jasa Travel, Ticketing & Umroh

= Barang Elektro berskala Nasional (LOGISTIK)

Perusahaan sekarang sedang membutuhkan Posisi :

Ø  Branch Manager

Ø  Supervisor

Ø  Staff IT

Ø  Staff ADM

Ø  Sekretaris

Ø  Keuangan

Ø  Staff Logistik

Ø  Leader

Ø  Koordinator

Ø  Receptionist

Ø  Security

NON Yayasan & NON Sales Lapangan / Non Marketing & Non Penyalur

Gaji : 2,5jt – 5 jt plus uang makan & transport serta Jamsostek

-KA. HRD Lianty-

Oke  sangat menjanjikan bukan smsnya? Namun  Setelah saya lihat alamatnya loh koq…

[Flashback dulu]

Sama seperti beberapa hari sebelumnya… saya kirim email lamaran juga dg posisi Admin tp kpd nama perusahaan yang berbeda (sebut saja perusahaan A)  perusahaan A pun langsung sms dengan tawaran gaji yg berbeda dari PT.MUG dan menanyakan apakah saya bisa interview atau tidak. Kemudian saya tidak membalas sms tersebut. Dan Perusahaan A sms lagi untuk terus menanyakan apakah saya bisa datang interview atau tidak…. Saya balas : saya tidak bisa karena lagi di luar kota. Dia sms lagi : kalo gitu bisa nya kapan? Dan saya tdak balas sms dr prusahaan A yang ternyata dy adalah PT. MUG namun dengan nama perusahaan dan nomer yang berbeda.

 Oke kembali ke MUG. Setelah saya lihat alamatnya…. Loh koq sama dengan alamat perusahaan yg sempat sms saya? Saya pun penasaran dengan lowongan ini dan memutuskan untuk datang. Sms lamaran pun saya sebar ke teman-teman saya biar ada temen pas interview nya.

Dan Linda, temen KKN aku pun disms oleh PT.MUG dan memutuskan untuk interview juga.

Akhirnya Linda datang  interview duluan karena saya masih di jalan di bis dari cianjur.

Linda pun menceritakan bahwa dia dimintai uang…

 

Waaahhh langsung saya piker ada yang gak beres nih…. Kita kan cari pekerjaan buat dapetin uang bukan ngeluarin uang.. itu pikiran saya. Tapi karena penasaran, oke saya lanjutkan perjalanan dan datang ke alamat yang tertera pada sms.

 

 

============= SAAT INTERVIEW =============
Hmm alamat sudah ditemukan dan tertulis PT.MITRA UTAMA GLOBAL . dalam hati saya loh koq bukan “PT.Rajawali Global” ?
Saya pun masuk, menyerahkan cv dan menunggu. Saya pun dipanggil dan mulailah interview dengan mas-mas namanya Ardha. Dengan kertas polio dia menjelaskan tentang segalanya company profile dan prestasi dari PT.MITRA UTAMA GLOBAL . Gayanya dia berbicara dan menjelaskan sih memang menjanjikan… tapi untungnya saya pun berhati2. Dia menjelaskan mengenai job desc, jam kerja, dan TRAINING.
“Ini Training nya berkelanjutan … sebelum anda masuk kerja ada 1 hari training di hotel dan besoknya anda langsung kerja, setelah itu trainingnya dilanjut setelah anda kerja. Dan ini biaya yang harus dibayar untuk training yaitu : 650.000 rupiah”
Buseet daah… kita kan nyari uang yah bukan buat ngeluarin uang… hmmm
Ahirnya dia mengeluarkan 2 surat. Yang satu surat ttg jadwal training dan kuitansi DP pembayaran training.
Satu lagi “Surat Pernyataan Ikatan Kerja Sementara” yang intinya surat itu ngejelasin kalau uang DP yang kita berikan tidak bisa diambil lagi kalau pelamar membatalkan training & ikatan kerja. Sebaliknya Uang DP bisa diambil lagi kalau Perusahaan yang membatalkan kita untuk tdk berkerja disitu (tapi kayanya ga mungkin deh dan gak akan pernah si PT.MUG yang membatalkan, secara rekruitmen ini kan sumber penghasilannya dia). Dengan terpaksa saya pun mengeluarkan 20.000 rupiah untuk dp (saya langsung diniatin uang ini bwt amal dan sodaqoh bagi perusahaan penipu ini, yaudah deh ikhlasih aja… dalam hati saya)

============= SMS LAGI =============
Setelah itu saya pulang…. Dan besoknya ada sms lagi dan kini dia jujur menamakan dirinya sbg PT. MITRA UTAMA GLOBAL. Isi smsnya tentang jadwal training dan meminta untuk melunasi pembayaran 650.000 tapi kali ini saya tidak akan menanggapi lagi sms2 dari perusahaan itu. Cukup hanya 20.000 yang saya keluarkan. Itung-itung pengalaman berhadapan dengan perusahaan seperti itu…


============= BLOG PARA KORBAN PT. MITRA UTAMA GLOBAL =============
Saya pun penasaran dengan perusahaan itu dan searching di internet. Dan waaaaww gak nyangka
Ketik di google : MITRA UTAMA GLOBAL
Dan hasil yang keluar adalah kisah – kisah para korban penipuan PT.MUG dan berita lainnya. Bahkan PT.MUG ini pernah masuk berita Trans 7 yaitu program “Kontroversi”

Alhamdulillah saya searching dulu tentang perusahaan ini dan membaca blog dari salah satu korban… untungnya saya tidak terlalu jauh terlibat dalam perusahaan ini.

Berikut link blog “korban” dan sila disimak kisah dia :

http://penipuan-mitra-utama-global.blogspot.com/

Dan ini sejumlah web yang menjelaskan penipuan oleh PT. MITRA UTAMA GLOBAL

 http://www.anneahira.com/pt-mitra-utama-global.htm

http://www.psychologymania.com/2012/05/penipuan-pt-mitra-utama-global-sudah.html

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai pengalaman saya. Kedepannya saya akan lebih berhati-hati  dalam mencari pekerjaan dan lebih baik untuk searching dulu di internet.

Saran saya untuk para job seeker :
-          berhati-hati pada perusahaan yang menawarkan lowongan kerja dengan nama perusahaan yg berbeda namun alamatnya sama. 
-          Lihatlah dulu nama perusahaan yang  tertera di alamat asli kemudian searching di internet.
-          Berhati-hati pada perusahaan yang meminta bayaran  terlebih dahulu
-          Berdoa dan berdoa, InsyaAllah kita akan mendapatkan pekerjaan sesuai pada waktunya dan Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita. Amin….

Wassalamualaikum wr.wb

28 comments:

  1. Aku juga ketipu ayo kita brantas aku dah rumayan dekat mari bahu membahu

    ReplyDelete
  2. sya bisa mohon bantuan bagi teman2 yang ingin menguak ini :) saya juga ketipu, dan saya gk mau ada lebih banyk dari ini saya sudah berusaha cari bukti dan saya udah bekerja sama dgn polisi untuk menguak ini trimakh di tunggu kabarnya

    ReplyDelete
  3. Hampir saja saya ketipu. Tadi jam 2 saya diinterview. Stlh diminta uang 600rb utk training, saya mulai curiga. Kemudian saya beralasan harus tarik tunai dl di atm. Bukannya menuju ke atm terdekat, tp sy justru mencoba googling ttg PT. MUG, dan yg muncul adl kisah2 penipuan.
    Langsung cabut pulang deh saya..

    ReplyDelete
  4. saya ini lagi proses ditipu td saya baru intrview tp saya gk mau bayar apa2.. kantor sekarangnya di jln dr saharjo no:100 e lt 1 jaksel ceritanya gedungnya i support katanya. kantornya brantakan and modusnya sama

    ReplyDelete
  5. Ane juga ketipu gan hari ini , ane dr awal udah curiga pas COD kealamatnya yg di melawai no 16 curiga bgt juga orang sm gedung kantornya sama anehnya disuruh bayar 200rb ane cicil 50rb soalnya firasat ga eank bgt kesian temen gue bayar 275rb..
    Modus bgt parah

    ReplyDelete
  6. Wiiih. .Ketipu juga gwe barusan. .550. Ribu dong. Curigaa sih cuma niatnya ikhlass in ajah dah. .Oiya gedungnya di saharjo itu kan yah. .trus ada yg udah kerja blum?itu benran digajii apa kaga?

    ReplyDelete
  7. Dasar orang2 tolol. ini sih bukan perusahaannya yang bego tapi yang ngelamar dan tertipu itu orang2 yang bloon. Mampus tuh yang tertipu. makanya pake otak buat mikir!
    kerja disuruh bayar dulu, sapa suruh mau. dasar bego.
    kerja ada disuruh daftar pake duit, sapa suruh mau. dasar bego.

    alesan mendesak butuh kerja, butuh duit, tergiur gaji, dll.. ya itu semua non sense. dasar emang otaknya bego dan tolol jadi mau aja diboongin. sukurrrrr!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng ya tertawa diatas penderitaan orang????

      Delete
  8. saya udah sms perusahaan itu buat senag2 saja, soalnya perusahaannya pun deket rumah alamatnya xD
    cuma bingung scenario yang bikin ngakak kaya gimana

    ReplyDelete
  9. Ya ampun berarti saya jga tertipu donk,,
    pi saya akui c ucapannya itu menjanjikan bgtt..

    ReplyDelete
  10. Salam, kalo ane justru blm smpi interview. Rencananya sih besok pagi, tp ane penasaran ko ada ya perusahaan yg ngebet banget via sms supaya dtng ke kantornya, trus sms nya ga cukup sekali lg. Biar ga penasaran ane iseng browsing pt. Penipuan. Dan ternyata banyak jg yah korbannya, modusnya hampir sama. PERLU DI KETAHUI SEKARANG MUNGKIN NAMA PT. DAN ALAMATNYA SDH BERUBAH. Ane bsk jg ga jd berangkat, mengingat sangat yakin ini adalah penipuan. Namanya PT. Asia Group. Alamatnya di Blok M jln. Melawai C7. Alhamdulillah untung blm berangkat, coba klo brgkt udah ongkosnya mahal, jauh lagi...hmmmh.. Hati-hati bg pencari kerja. Wassalam.

    ReplyDelete
  11. Salam, kalo ane justru blm smpi interview. Rencananya sih besok pagi, tp ane penasaran ko ada ya perusahaan yg ngebet banget via sms supaya dtng ke kantornya, trus sms nya ga cukup sekali lg. Biar ga penasaran ane iseng browsing pt. Penipuan. Dan ternyata banyak jg yah korbannya, modusnya hampir sama. PERLU DI KETAHUI SEKARANG MUNGKIN NAMA PT. DAN ALAMATNYA SDH BERUBAH. Ane bsk jg ga jd berangkat, mengingat sangat yakin ini adalah penipuan. Namanya PT. Asia Group. Alamatnya di Blok M jln. Melawai C7. Alhamdulillah untung blm berangkat, coba klo brgkt udah ongkosnya mahal, jauh lagi...hmmmh.. Hati-hati bg pencari kerja. Wassalam.

    ReplyDelete
  12. Salam, kalo ane justru blm smpi interview. Rencananya sih besok pagi, tp ane penasaran ko ada ya perusahaan yg ngebet banget via sms supaya dtng ke kantornya, trus sms nya ga cukup sekali lg. Biar ga penasaran ane iseng browsing pt. Penipuan. Dan ternyata banyak jg yah korbannya, modusnya hampir sama. PERLU DI KETAHUI SEKARANG MUNGKIN NAMA PT. DAN ALAMATNYA SDH BERUBAH. Ane bsk jg ga jd berangkat, mengingat sangat yakin ini adalah penipuan. Namanya PT. Asia Group. Alamatnya di Blok M jln. Melawai C7. Alhamdulillah untung blm berangkat, coba klo brgkt udah ongkosnya mahal, jauh lagi...hmmmh.. Hati-hati bg pencari kerja. Wassalam.

    ReplyDelete
  13. Salam, kalo ane justru blm smpi interview. Rencananya sih besok pagi, tp ane penasaran ko ada ya perusahaan yg ngebet banget via sms supaya dtng ke kantornya, trus sms nya ga cukup sekali lg. Biar ga penasaran ane iseng browsing pt. Penipuan. Dan ternyata banyak jg yah korbannya, modusnya hampir sama. PERLU DI KETAHUI SEKARANG MUNGKIN NAMA PT. DAN ALAMATNYA SDH BERUBAH. Ane bsk jg ga jd berangkat, mengingat sangat yakin ini adalah penipuan. Namanya PT. Asia Group. Alamatnya di Blok M jln. Melawai C7. Alhamdulillah untung blm berangkat, coba klo brgkt udah ongkosnya mahal, jauh lagi...hmmmh.. Hati-hati bg pencari kerja. Wassalam.

    ReplyDelete
  14. Bener-bener kelewatan tu MITRA UTAMA GLOBAL, q sudah kena tipu, tp untungnya tak terjerumus lebih dalam dengan giuran pekerjaan yg ringan dgn gaji yg tinggi.

    ReplyDelete
  15. dasar penipu..
    MITRA UTAMA GOBLOK eh GLOBAL maksud ane
    ane jg ketipu gan

    ReplyDelete
  16. aq baca diatas Yang bego begoin kita yang pernah ketipu ketemu aku!!!!!....rumah nya mana kasih alamat mu..!!!!

    ReplyDelete
  17. dasar aku juga ketipu
    gimana ini???

    gak ad niatan buat laporin k polisi ta?

    ReplyDelete
  18. sama aq juga hampir kena yg di surabaya.Beruntung gak sampai kerja di sana. Mending gak usah dilaporin polisi, klo dilaporin polisi ntar begitu bebas malah kumat lagi. Mending langsung ke pengacara atau ke Jaksa penuntut umum, biar dihukum seumur hidup

    ReplyDelete
  19. kalau PT. Mitra Utama Madani itu sama gak ya? saya dapat panggilan interview dari lamaran saya via jobstreet.

    ReplyDelete
  20. sekarang MUG ganti nama PT.WSY ( yg jug memiliki alamat yang sama,,


    soalnya saya udah diintervew disana trus dminta biaya seminar 700 rb, kesehatan 300 rb, dan penempatan kerja 700 br. tapi saya tidak kasih itu semua

    tapi saya tidak kasih dulu uangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nice info, smoga tdk ada lg yg tertipu...amin

      Delete
    2. Nice info, smoga tdk ada lg yg tertipu...amin

      Delete
  21. Mau nuntut jg ga bisa !!! Kan udah ttd di atas materai

    ReplyDelete
  22. Aku dulu juga ketipu sama PT. MUG.bahkan udh masuk. Karena dulu udah pengen kerja kerja dan kerja. Waktu interview. Smpet kpikiran sih... Koq dsuruh bayar sih??. Setelah masuk kantor... Ternyata aq dipanggil katanya dpt hadiah kipas angin. Lagi2 mikir.. Ini sih bukan hadiah tp beli. Karena udh telanjur nyemplung ke MUG dan penasaran dgn kegiatan2nya. Sy hnya bertahan 1 bulan. Tp alhamdulillah tdk pernah meng-interview--org. Saya terus menghindar... Tidak tega dan ga bisa klo menipu org, apalg dgn cara itu. Uangnya juga ga berkah. Akhirnya sy tdk pernah lg mendatangi PT. MUG.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Mau tanya Mbak, Mbak sudah sempat masuk? Untuk job desk kerjanya apa aja mbak? Sesuai yang ditawarkan atau jadi seperti mereka atau bagaimana? Dan di gaji sesuai dengan perjanjian atau bagaimana?

      Saya sangat penasaran dengan orang orang yang masuk ke PT tersebut

      Delete